Minggu, 04 Oktober 2015

Sistem Informasi manajemen #Softskill

Soal 1.
Dari urain singkat mengenai definisi Informasi yang anda ketahui, kebutuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya? Sebut dan jelaskan Hal tersebut berikut contoh perusahaan yang memanfaatkan Informasi tersebut .

jawab:

Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan atau keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan, baik masa sekarang atau yang akan datang.
Pada perusahaan informasi yang dibutuhkan contoh
nya  : dokumen dalam Microsoft exel, berbentuk spreadsheet seringkali digunakan untuk membuat sebuah informasi dari data yang terdapat di dalamnya, seperti laporan untung, rugi dan neraca adalah bentuk informasi dan angka yang terdapat di dalamnya adalah data.
Kebutuhan informasi yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya  adalah :

1.Memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.
2.Tingkat kepercayaan pada suatu produk dari perusahaan tersebut
3.Cerminan dari kualitas produk yang telah berhasil meraih kepercayaan pelanggan dalam pasar yang kompetitif ini.
4.Bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan dari Eropa dan Amerika, guna memelihara dan memperbaiki kualitas produk
5. Konsep internal dalam dampak eksternal yang memiliki perhatian dan kepedulian nyata terhadap lingkungan
6. Pelatihan intensif yang dilakukan oleh tenaga internasional sebagai para ahli dalam bidang ini.
7. Strategi promosi yang dilakukan seingga konsumen semakin tertarik

Contoh perusahaan:
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.
Tujuan didirikannya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung adalah
(1) memperluas bidang usaha secara terus menerus melalui bidang usaha internal maupun pengembangan usaha strategis.
(2) mengurangi biaya transportasi; (3) selalu meningkatkan kesejahteraan karyawan
(4) mensuplai daerah lain yang selalu kekurangan persediaan barang
(5) berperan serta dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Visi dan misi yang ditunjukan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah realistik, spesifik, dan meyakinkan yang merupakan penggambaran citra, nilai, arah dan tujuan untuk masa depan perusahaan.
Visi        : “Menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.
Misi       : “Menjadi perusahaan transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri makanan”.

Pada saat ini Divisi Noodle, PT ISM memiliki lebih dari 1500 karyawan yaitu sekitar 70% merupakan pegawai pabrik dan 30% adalah staaf manajemen. Tingkat pendidikan yang dimiliki oleh karyawan bervariasi mulai dari SD sampai dengan Strata Satu.
Dalam rangka memperbaiki atau meningkatkan komitmen perusahaan terhadap kepercayaan pelanggan, maka perusahaan berusaha untuk meningkatkan mutu dan inovasi tenaga kerja adalah melalui pelatihan. Pelatihan yang dilakukan perusahaan terdiri dari tiga kategori, yaitu pelatihan dasar, pelatihan teknis fungsional, dan pelatihan manajerial.
Dalam penerimaan pegawai, Divisi Noodle, PT. ISM, Tbk menerapkan dua sistem. Pertama adalah sistem internal, apabila perusahaan membutuhkan suatu jabatan tertentu, maka akan ditinjau dulu pegawai yang telah ada dan berpotensi untuk promosi jabatan. Kedua adalah sistem eksternal, dimana HRD akan merekrut SDM dari luar yang bermutu dengan spesifikasi pekerjaan yang dibutuhkan melalui kantor Departemen Tenaga Kerja, iklan, Biro Konsultasi, atau dengan pemasangan pengumuman lingkungan perusahaan.

Soal 2.
Sebut dan jabarkan bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manajemen ?

Jawab: Lima bentuk sumber yang dikelola seorang manajemen :
> Manusia
> Material
> Mesin
> Uang
> Informasi
Penjabaran:
1. Manusia = Manusia berperan penting dalam proses pengeolalaan Manajemen, karena disinilah titik tonggak pengolahan Informasi yang akan disampaikan dan diatur dalam sebuah proses manajemen pada suatu perusahaan atau instansi tertentu.
2. Material = Material merupakan salah satu sumber yang bisa dikelola seorang Manajer untuk dijadikan barang modal yang akan di proses dalam sistem informasi manajemen ataupun perusahaannya sendiri untuk ditransaksikan.
3. Mesin = Merupakan salah satu sumber penghasilan dan penyempurnaan dari material yang sudah diolah dan bisa menjadikan sebuah alat yang bisa mendatangkan keuntungan dari hasil proses dan transaksi yang dilakukan. dan bisa membantu dalam kelancaran proses kegiatan dalam sebuah perusahaan.
4. Uang = Merupakan Modal yang sangat penting dalam menunjang aktivitas dan keseimbangan proses manajemen yang diterapkan serta menjadi sebuah sarana penting dalam sebuah perusahaan.
5. Informasi = Merupakan data data yang perlu disimpan dan diolah karena sangat penting, setiap Informasi yang masuk perlu diolah dan didistribusikan kepada 4 titik point penting seperti yang dijelaskan diatas, sebagai contoh informasi pangsa pasar dan pendisitribusian barang yang akan menjadi sangat fatal jika ditanggapi dengan salah.

Soal 3.
 Sebut dan jelaskan Elemen - elemen lingkungan yang berhubungan dengan perusahaan dalam penggunaan transmisi elektronik ?

Jawab: yaitu:
1. Internet  yang ada disetiap perusahaan dapat digunakan untuk mengetahui  perkembangan pasar modal, pengiriman,pendistribusian barang maupun jasa  untuk dkelola agar lebih baik.
2. Telephone : dengan menggunakan alat komunikasi yaitu telephone dalam perusahaan dapat saling terhubung antara perusahaan lainnya atau dengan konsumen
3. Faximille atau telegram dapat digunakan untuk mengirim dan menerima informasi- informasi yang terkait dengan proses pengolahan data informasi secara manual.
4. Jaringan komputer kabel atau nirkabel dapat digunakan dalam suatu perusahaan dengan konsumen atau dengan instansi tertentu dalam suatu kerjasama yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar