Selasa, 11 Desember 2018

2. Jelaskan dan berikan contoh, tentang apa yang anda ketahui tentang virtual reality dan augmented reality. AR(augmented reality)


AR adalah teknologi yang menggabungkan benda-benda maya 2 dimensi atau 3 dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata(real-time). Bayangkan bila anda membaca sebuah koran dengan menggunakan kaca mata berteknologi AR.Maka anda tidak hanya membaca tulisan.Bahkan dengan teknologi AR tampilan-tampilan grafis yang semulanya tidak ada pada koran akan tampak pada kaca mata anda.Tidak hanya gambar,teknologi AR memberikan kepada penggunanya pengalaman yang lebih baik seperti menampilkan video,audio,teks bergambar,dan animasi 3D yang terasa menyatu di tempat aslinya.

Contoh Augmented Reality :

1. Pokemon Go adalah salah satu game yang mengadopsi teknologi AR ini.Game ini mampu membuat pengguna seakan-akan benar-benar bermain dengan konten-konten 2 dimensi.User dituntut untuk terjun ke jalanan dan mencarai monster pokemon yang tersebar di seluruh tempat di dunia.
2. Google Translate dengan ini memungkinkan pengguna menerjemahkan kata berbahasa asing yang dilihat menggunakan kamera smartphone seperti papan pengumuman atau rambu-rambu.


VR(virtual reality)
Adalah teknologi yang dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer.Teknisnya adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata 3 dimensi ke dalam dunia maya 2 dimensi atau 3 dimensi.

Contoh Virtual Reality:
1.    Google Cardboard  ini belum begitu mempunyai banyak fungsi, tetapi dengan menggunakan Google Cardboard kita akan merasakan pengalaman virtual reality dengan cara menggabungkan smartphone yang memiliki sensor gyroscope dengan Google Cardboard.


2.    Game FPS (First Peson Shooter) yang akan membuat pengguna merasa berada di dalam game tersebut. Selain itu, virtual reality digunakan pada foto dan video 360 derajat yang membuat pengguna merasa berada di tempat tersebut.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar