Kamis, 29 Maret 2018

Budaya Perusahaan PT. Garuda Indonesia Persero (Tbk)


Visi:
Menjadi perusahaan penerbangan yang handal dengan menawarkan layanan yang berkualitas kepada masyarakat dunia menggunakan keramahan Indonesia.

Misi:
Sebagai perusahaan penerbangan pembawa bendera bangsa Indonesia yang mempromosikan Indonesia kepada dunia guna menunjang pembangunan ekonomi nasional dengan memberikan pelayananan yang professional.
Untuk perusahaan BUMN, kelompok kami memilih PT. Garuda Indonesia Persero (Tbk) sebagai bahan observasi kelompok kami. PT. Garuda Indonesia merupkan maskapai penerbangan nasional milik Indonesia. Dengan membawa konsep Flag Carrier, maskapai PT. Garuda Indonesia melakukan berbagai cara untuk mempromosikan budaya Indonesia. Karena tujuan dari maskapai PT. Garuda Indonesia adalah untuk meningkatkan citra Indonesia, baik dimata domestik maupun internasional melalui pelayanan yang prima dan profesional.


Dari observasi kelompok kami, tidak hanya memiliki manajemen internal yang baik, namun PT. Garuda Indonesia juga memiliki budaya perusahaan yang diterapkan secara baik pula.
PT. Garuda Indonesia menerapkan budaya  FLY-HI pada perusahaan mereka. FLY-HI sendiri terdiri dari nilai-nilai efficient & effective, loyalty, costumer centricity, honesty & openness dan integrity. Budaya FLY-HI ini sendiri telah dirancang sejak tahun 2005 dan disosialisasikan pada tahun 2007 dan hingga kini telah menjadi panduan/pedoman perilaku insan Garuda Indonesia melalui program yang terstruktur dan tersistem.
Program implementasi budaya perusahaan PT. Garuda Indonesia dilaksanakan semaksimal mungkin dan dilakukan secara konsisten, melalui pendekatan secara sistem, Ke-5 nilai FLY-HI  tersebut selanjutnya dijabarkan dalam proses-proses berikut ini :

Gagasan
Artinya
efficient & effective
Garuda Indonesia selalu melayani penumpang dengan pelayanan semaksimal mungkin dengan cara yang cepat, tepat dan akurat.
Loyality
Dalam budaya ini mengajarkan bahwa insan Garuda Indonesia harus selalu memiliki sikap disiplin, bekerja keras, cerdas dan tuntas dalam setiap pelayanan yang dilakukan.
Costumer Centricity
Didalam budaya ini, Garuda Indonesia ingin selalu melayani dengan ramah, hangat dan bersahabat. Tidak hanya itu, pelayanan yang tanggap & produktif serta kreatif & inovatif juga selalu dikedepankan.
Honesty & openness
Budaya ini mengajarkan bahwa setiap insan Garuda Indonesia harus memiliki sifat yang jujur, tulus dan terbuka. Namun tetap menjaga segala kerahasiaan perusahaan PT. Garuda Indonesia.
Integrity
Didalam budaya ini, insan Garuda Indonesia harus terus konsisten dan patuh dengan segala aturan yang ada di PT. Garuda Indonesia.



 


Budaya FLY-HI hingga kini terus dijalankan oleh pihak PT. Garuda Indonesia. Dan hasil kinerja dari budaya FLY-HI ini pada perusahaan nampak dari prestasi yang telah diraih oleh PT. Garuda Indonesia. Prestasi tersebut antara lain adalah pada 2012, Garuda Indonesia mendapat penghargaan Best International Airline di antara maskapai-maskapai kelas dunia lainnya dengan 91 persen penumpang menyatakan sangat puas dengan pelayanan maskapai ini. Pada tahun 2013 Garuda Indonesia mendapatkan penghargaan "World Best Economic Class" dan "World Best Economic Seat Class". Garuda Indonesia menepati posisi ke 8 sebagai maskapai penerbangan terbaik versi Skytrax.
Kesimpulan observasi dari kelompok kami ialah, program implementasi nilai-nilai budaya di lingkungan perusahaan memiliki tujuan untuk terus mendorong perilaku kerja positif yang sesuai nilai-nilai perusahaan sehingga tercipta lingkungan kerja yang nyaman dan konstruktif dan memberikan nilai tambah bagi perusahaan, dan pada akhirnya akan mendorong kinerja yang terbaik dan berkelanjutan. Dampak bagi pengguna jasa yang telah diberikan oleh penyedia jasa pastinya mereka akan semakin merasakan kenyamanan serta kepuasan karena PT. Garuda Indonesia sangat mengutamakan pelanggan sebagai prioritas utama dengan menyajikan layanan yang terbaik dan sekaligus dapat memberikan nilai tambah yang sangat berarti bagi mereka. Reputasi sebuah perusahaan dilihat melalui tindakan yang dilakukan, PT Garuda Indonesia ingin melakukan yang terbaik untuk pelanggannya untuk menjadi yang lebih baik serta mendorong upaya ke arah perbaikan. Hal-hal inilah yang akan mendorong Garuda Indonesia meraih reputasi sebagai perusahaan yang besar dengan adanya hal tersebut maka PT Garuda Indonesia sangat menjunjung nilai-nilai dari FLY-HI yang mencakup seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar