Visi:
Menjadi
perusahaan penerbangan yang handal dengan menawarkan layanan yang berkualitas
kepada masyarakat dunia menggunakan keramahan Indonesia.
Misi:
Sebagai
perusahaan penerbangan pembawa bendera bangsa Indonesia yang mempromosikan
Indonesia kepada dunia guna menunjang pembangunan ekonomi nasional dengan
memberikan pelayananan yang professional.
Dari
observasi kelompok kami, tidak hanya memiliki manajemen internal yang baik,
namun PT. Garuda Indonesia juga memiliki budaya perusahaan yang diterapkan
secara baik pula.
PT.
Garuda Indonesia menerapkan budaya
FLY-HI pada perusahaan mereka. FLY-HI sendiri terdiri dari nilai-nilai efficient & effective, loyalty, costumer
centricity, honesty & openness dan
integrity. Budaya FLY-HI ini sendiri telah dirancang sejak tahun 2005 dan
disosialisasikan pada tahun 2007 dan hingga kini telah menjadi panduan/pedoman
perilaku insan Garuda Indonesia melalui program yang terstruktur dan tersistem.
Program
implementasi budaya perusahaan PT. Garuda Indonesia dilaksanakan semaksimal
mungkin dan dilakukan secara konsisten, melalui pendekatan secara sistem, Ke-5 nilai FLY-HI tersebut selanjutnya dijabarkan dalam proses-proses
berikut ini :
Gagasan
|
Artinya
|
efficient
& effective
|
Garuda
Indonesia selalu melayani penumpang dengan pelayanan semaksimal mungkin
dengan cara yang cepat, tepat dan akurat.
|
Loyality
|
Dalam
budaya ini mengajarkan bahwa insan Garuda Indonesia harus selalu memiliki
sikap disiplin, bekerja keras, cerdas dan tuntas dalam setiap pelayanan yang
dilakukan.
|
Costumer
Centricity
|
Didalam
budaya ini, Garuda Indonesia ingin selalu melayani dengan ramah, hangat dan
bersahabat. Tidak hanya itu, pelayanan yang tanggap & produktif serta
kreatif & inovatif juga selalu dikedepankan.
|
Honesty
& openness
|
Budaya
ini mengajarkan bahwa setiap insan Garuda Indonesia harus memiliki sifat yang
jujur, tulus dan terbuka. Namun tetap menjaga segala kerahasiaan perusahaan
PT. Garuda Indonesia.
|
Integrity
|
Didalam
budaya ini, insan Garuda Indonesia harus terus konsisten dan patuh dengan
segala aturan yang ada di PT. Garuda Indonesia.
|
Budaya FLY-HI hingga kini terus
dijalankan oleh pihak PT. Garuda Indonesia. Dan hasil kinerja dari budaya
FLY-HI ini pada perusahaan nampak dari prestasi yang telah diraih oleh PT.
Garuda Indonesia. Prestasi tersebut antara lain adalah pada
2012, Garuda Indonesia mendapat penghargaan Best
International Airline di antara maskapai-maskapai kelas dunia lainnya
dengan 91 persen penumpang menyatakan sangat puas dengan pelayanan maskapai
ini. Pada tahun 2013 Garuda Indonesia mendapatkan penghargaan "World Best Economic Class" dan
"World Best Economic Seat
Class". Garuda Indonesia menepati posisi ke 8 sebagai maskapai penerbangan
terbaik versi Skytrax.
Kesimpulan observasi dari kelompok
kami ialah, program implementasi nilai-nilai budaya di lingkungan perusahaan memiliki
tujuan untuk terus mendorong perilaku kerja positif yang sesuai nilai-nilai
perusahaan sehingga tercipta lingkungan kerja yang nyaman dan konstruktif dan
memberikan nilai tambah bagi perusahaan, dan pada akhirnya akan mendorong
kinerja yang terbaik dan berkelanjutan. Dampak bagi pengguna jasa yang telah
diberikan oleh penyedia jasa pastinya mereka akan semakin merasakan kenyamanan
serta kepuasan karena PT. Garuda Indonesia sangat mengutamakan pelanggan
sebagai prioritas utama dengan menyajikan layanan yang terbaik dan sekaligus
dapat memberikan nilai tambah yang sangat berarti bagi mereka. Reputasi sebuah
perusahaan dilihat melalui tindakan yang dilakukan, PT Garuda Indonesia ingin
melakukan yang terbaik untuk pelanggannya untuk menjadi yang lebih baik serta
mendorong upaya ke arah perbaikan. Hal-hal inilah yang akan mendorong Garuda
Indonesia meraih reputasi sebagai perusahaan yang besar dengan adanya hal
tersebut maka PT Garuda Indonesia sangat menjunjung nilai-nilai dari FLY-HI
yang mencakup seperti yang sudah dijelaskan diatas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar