APA ITU MANAJEMEN ?
Manajemen dapat disebut sebagai
pengambilan keputusan. Manajemen adalah kemampuan dalam mempengaruhi orang lain
agar mau melakukan dan menuruti sesuatu apa yang kita mau. Manajemen juga
merupakan suatu proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama
melalui orang lain. Manajemen ada kaitannya dengan tindakan mengatur. Seorang
leader atau pemimpin mempunyai kemampuan untuk menjadikan orang lain agar mau
melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan kita. Tentunya seorang leader juga
memiliki skill yang baik bahkan mampu menjadikan orang lain lebih dihargai.
APA ITU LAYANAN ?
Pengertian layanan adalah kegiatan dalam
menyediakan apa yang dibutuhkan orang lain. Suatu pelayanan terbentuk karena
adanya proses memberi layanan tertentu dari pihak yang menyediakan layanan
tersebut kepada pihak yang akan dilayani. Dalam melakukan pelayanan tentunya
ada beberapa yang harus diperhatikan, diantaranya adalah orang yang melayani harus
mampu memberikan kepercayaan terhadap pelanggannya sehingga pelanggan yakin apa
yang telah dilakukan misalnya dalam perusahaan. Harus mampu dalam melayani
pelanggan dengan cepat dan tepat, dibandingkan dengan pesaing. Bertanggung
jawab kepada setiap pelanggan sampai akhir. Dan mampu berkomunikasi dengan
jelas, menyenangkan, dan mampu mengerti keinginan dan kebutuhan pelanggannya.
APA ITU SISTEM INFORMASI ?
Pengertian sistem adalah satu
kesatuan terstruktur untuk melaksanakan suatu tujuan. Atau kumpulan orang yang
saling bekerja sama dengan ketentuan aturan yang sistematis dan terstruktur
membentuk satu kesatuan demi tercapainya tujuan.
Pengertian informasi adalah suatu
data yang telah diolah menjai bentuk yang penting bagi si penerima dan memiliki
manfaat atau hasil yang nyata dan dapat dirasakan dengan dapat menyelesaikan
suatu masalah
Pengertian sistem informasi
adalah sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen pengambilan keputusan
dan menjalankan dengan melibatkan kecanggihan teknologi informasi untuk
mencapai suatu tujuan tertentu. Atau sistem informasi yaitu suatu kegiatan atau
aktifitas orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan
manajemen.
PENGERTIAN MANAJEMEN LAYANAN
SISTEM INFORMASI
Pengertian Manajemen Layanan
Sistem Informasi yaitu suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi yang
berpusat pada pemikiran dan kebutuhan konsumen dalam layanan yang melibatkan
teknologi informasi terhadap suatu organisasi atau bisnis perusahaan. Manajemen
layanan sistem informasi sangat penting karena dibutuhkan oleh para perusahaan
dalam beradaptasi terhadap perubahan lingkungan dan mencari strategi yang dapat
mempengaruhi kehidupan dalam organisasi atau binis perusahaan. Melakukannya
sangat mudah hanya dengan mengumpulkan berbagai macam informasi penting untuk
memenuhi segala kebutuhan manusia.
Service Lifecycle
Service Lifecycle adalah salah satu bentuk model organisasi yang mempunyai bahasan sebagai berikut:
- Cara melakukan manajemen pada layanan adalah terstruktur.
- Komponen didalam siklus hidup memiliki keterkaitan satu sama lain.
- Dampak dari perubahan pada satu komponen akan dimiliki juga pada komponen lainnya dan bahkan dampak tersebut terdapat pada seluruh sistem siklus hidup
System
Life Cycle (SLC) adalah proses evolusi yang diikuti oleh pelaksanaan
sistem informasi dasar-dasar atau subsistem. Ini biasanya digunakan
untuk mengembangkan sebuah sistem yang besar.
1. Fase Perencanaan
Fase ini dimulai dengan mendefinisikan masalah dan dilanjutkan dengan sistem penunjukan objektif dan paksaan. Di sini sistem analis memimpin studi yang mungkin terjadi dan mengemukakan pelaksanaannya pada manajer.
2. Fase Analisis
Fase ini mempunyai tugas penting yaitu menunjukkan kebutuhan pemakai informasi dan menentukan tingkat penampilan sistem yang diperlukan untuk memuaskan kebutuhan tersebut. Fase ini meliputi penetapan jangkauan proyek, mengenal resiko, mengatur rangkaian tugas, dan menyediakan dasar untuk kontrol.
3. Fase Desain
Fase Desain ini meliputi penentuan pemrosesan dan data yang dibutuhkan oleh sistem yang baru, dan pemilihan konfigurasi terbaik dari hardware yang menyediakan desain. Desain system adalah ketentuan mengenal proses dan data yang dibutuhkan oleh sistem yang baru.
4. Fase Pelaksanaan / Implementasi
Fase ini melibatkan beberapa spesialis informasi tambahan yang mengubah desain dari bentuk kertas menjadi satu dalam hardware, software, dan data. Pelaksanaan adalah penambahan dan penggabungan antara sumber-sumber secara fisik dan konseptual yang menghasilkan pekerjaan sistem.
5. Fase Pemakaian / Penggunaan
Selama fase penggunaan, audit memimpin pelaksanaannya untuk menjamin bahwa sistem benar-benar dikerjakan, dan pemeliharaannya pun dilakukan sehingga sistem dapat menyediakan kebutuhan yang diinginkan.
Dari kelima fase di atas, empat fase di awal disediakan untuk dikembangkan, jadi metode yang ada didalamnya dapat berkembang sesuai zaman. Sedangkan fase yang terkahir tidak untuk dikembangan, hanya sebagai pelaksanaannya saja.
MANFAAT
Adapun manfaat manajemen layanan
sistem informasi adalah sebagai berikut :
- Meningkatkan akses data yang cepat tepat waktu dan akurat bagi para pemakainya.
- Dapat mengidentifikasi apa saja kebutuhan kebutuhan bagi pelanggan
- Dapat mengantisipasi dan memahami terhadap kendala yang melibatkan teknologi baru
- Dengan adanya manajemen layanan sistem informasi dapat mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan atau keuntungan yang lebih besar
PERANAN
Alasan manajemen layanan sistem informasi memiliki peran yang sangat besar dan berpengaruh di dalam organisasi adalah karena semakin tinggi dan canggih kemampuan teknologi komputer dan semakin murah biaya pemanfaatan teknologi komputer tersebut. Semakin baik kemampuan komputer yang menghasilkan jaringan komunikasi cepat dari berbagai penjuru dunia dan untuk mengendalikan aktivitas yang tidak terbatas pada ruang dan waktu. Dengan menggunakan manajemen layanan sistem informasi maka perusahaan dapat meningkatkan kepuasan dari pelanggan, pelayanan yang unggul, menghasilkan produk yang berkualitas dan menciptakan persaingan yang sehat.
sumber: http://tentanginformatika.blogspot.co.id/2011/02/system-life-cycle-slc.html http://ict.konsultindo.com/service-lifecycle/
Terimakasih infonya sangat bermanfaaf:)
BalasHapusinformasi yang diberikan sangat berguna bagi saya terima kasih :)
BalasHapus