Jumat, 08 Juni 2018

Softskill Culture Shock

Culture shock itu apa sih? Gampangnya, culture shock itu adalah kondisi dimana kita tidak terbiasa dengan budaya daerah setempat. Biasanya kita mengalami culture shock jika kita baru tiba di suatu daerah yang kebiasaan penduduk lokalnya sangat berbeda dengan daerah asal kita.
Efek dari culture shock beraneka macam. Mulai dari merasa cemas, kesepian, cepat marah, tidak nyaman, hingga homesick.

culture shock yang pernah saya alami

Cultureshock yang saya alami ketika saya pertama kali bermudik ke kampung halaman ayah saya di daerah ngamban jawa timur, yang benar benar jauh dari situasi kota seperi jakarta. Yaitu dengan jalanan yg naik gunung, pemukiman penduduk yang sepi dan jauh dari tempat perbelanjaan (mall), kamar mandi yang terpisah dari rumah dan masih menggunakan sumur, dan juga minim pencahayaan dan juga budaya bahasa yg digunkan yang membuat saya susah berkomunikasi dan mengerti dan juga kebiasaan mereka yang jarang menggunakan alas kaki saat beraktifitas

Cara mengatasi culture shock
Dengan tidak menutup diri, selalu terbuka, mengikuti setiap aktifitas yg dilakukan masyarakat sekitar dan berkeliling ke sekitar tempat. Dan juga dengan bertambah usia mulai mengerti dan mengatasi dengan pikiran yg positif dan karena setiap setahun sekali bermudik ke kampung halaman jadi mulai mengenal situasi dan budaya sekitar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar