ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA GAME
Bisakah mesin
berpikir? Jika bisa, bagaimana caranya? Dan jika tidak bisa,
kenapa tidak?Dan apa yang dikatakan sebagai pikiran (mind)?
Arti Kecerdasan
kemampuan untuk:
1. belajar atau mengerti dari pengalaman,
2. memahami pesan yang kontradiktif dan ambigu,
3. menanggapi dengan cepat dan baik atas situasi yang baru,
4. menggunakan penalaran dalam memecahkan masalah serta menyelesaikannya dengan efektif (Winston dan Pendergast, 1994)
Apa itu AI?
Arti Kecerdasan
kemampuan untuk:
1. belajar atau mengerti dari pengalaman,
2. memahami pesan yang kontradiktif dan ambigu,
3. menanggapi dengan cepat dan baik atas situasi yang baru,
4. menggunakan penalaran dalam memecahkan masalah serta menyelesaikannya dengan efektif (Winston dan Pendergast, 1994)
Apa itu AI?
- Merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait
dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal - yang dalam
pandangan manusia adalah – cerdas (H. A. Simon [1987])
- Sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal
yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia (Rich and
Kinight [1991])
Kategori Definisi AI
Dikelompokkan menjadi 4 macam :
Detail Kecerdasan Buatan
Dikelompokkan menjadi 4 macam :
Detail Kecerdasan Buatan
- Sudut Pandang Kecerdasan, Kecerdasan buatan mampu
membuat mesin menjadi cerdas (berbuat seperti yang dilakukan manusia)
- Sudut Pandang Penelitian, Kecerdasan buatan adalah studi
bagaimana membuat komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan
manusia
- Sudut Pandang Bisnis, Kecerdasan buatan adalah kumpulan peralatan
yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah bisnis
- Sudut Pandang Pemrogram, Kecerdasan buatan meliputi studi tentang
pemrograman simbolik, problem solving, dan pencarian (searching)
Bagian Utama AI
- Basis Pengetahuan (knowledge base), berisi
fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan komponen satu dengan yang
lainnya
- Motor Inferensi (inference engine), Kemampuan
menarik kesimpulan berdasar pengalaman. Berkaitan dengan representasi dan
duplikasi proses tersebut melalui mesin (misalnya, komputer dan robot).
Konsep Kecerdasan Buatan
- Turing Test, Metode Pengujian Kecerdasan (Alan
Turing). Proses uji ini melibatkan seorang penanya (manusia) dan dua
obyek yang ditanyai.
- Pemrosesan Simbolik, Sifat penting dari AI adalah bahwa AI
merupakan bagian dari ilmu komputer yang melakukan proses secara simbolik
dan non-algoritmik dalam penyelesain masalah.
- Heuristic, Suatu strategi untuk melakukan proses pencarian (search) ruang
problem secara efektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan di
sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar.
- Inferensi (Penarikan Kesimpulan) à AI mencoba
membuat mesin memiliki kemampuan berpikir atau mempertimbangkan (reasoning), termasuk
didalamnya proses (inferencing) berdasarkan fakta-fakta
dan aturan dengan menggunakan metode heuristik, dll
- Pencocokan Pola (Pattern Matching) à Berusaha
untuk menjelaskan obyek, kejadian (events) atau proses,
dalam hubungan logik atau komputasional
“State of the Art” AI
- Deep Blue mengalahkan Kasparov, juara dunia Catur.
- PEGASUS, suatu sistem memahami ucapan yang mampu menangani
transaksi seperti mendapatkan informasi tiket udara termurah.
- MARVEL: suatu sistem pakar real-time memonitor arus data dari
pesawat Voyager dan setiap anomali sinyal.
- Sistem robot mengemudikan sebuah mobil dengan kecepatan yang cepat
pada jalan raya umum.
- Suatu diagnostik sistem pakar sedang mengkoreksi hasil diagnosis
pakar yang sudah punya reputasi.
- Agent pintar untuk bermacam-macam domain yang bertambah pada laju
yang sangat tinggi .
- Subjek materi pakar mengajar suatu learning agent penalarannya
dalam pusat penentuan gravitasi.
Tujuan Kecerdasan Buatan
- Membuat komputer lebih cerdas
- Mengerti tentang kecerdasan
- Membuat mesin lebih berguna
Kecerdasan Buatan VS Kecerdasan Alami
Perbedaan Kecerdasan Buatan dengan Kecerdasan Alami
Perbedaan Kecerdasan Buatan dengan Kecerdasan Alami
- Lebih permanen
- Menawarkan kemudahan duplikasi dan penyebaran
- Lebih murah daripada kecerdasan alami
- Konsisten dan menyeluruh
- Dapat didokumentasikan
- Dapat mengeksekusi tugas tertentu lebih cepat daripada
manusia
- Dapat menjalankan tugas tertentu lebih baik dari banyak atau
kebanyakan orang.
Kelebihan Kecerdasan Alami dibanding AI
- Bersifat lebih kreatif
- Dapat melakukan proses pembelajaran secara langsung,
sementara AI harus mendapatkan masukan berupa simbol dan
representasi-representasi
- Menggunakan fokus yang luas sebagai referensi untuk
pengambilan keputusan. Sebaliknya, AI menggunakan fokus yang sempit
CONTOH AI PADA GAME
Game Tic Tac Toe
merupakan game yang bertujuan untuk melatih otak dan untuk hiburan semata. Game TicTacToe lebih dikenal di Indonesia sebagai Game Catur Jawa karena prinsip permainan game Tic Tac Toe sama dengan Game Catur Jawa. Cara memainkan game tersebut dengan memberikan Nilai X atau O pada tiap pemain. Pada game TicTacToe terdiri dari 9 kolom yang berfungsi untuk meletakan nilai tersebut. Yang mana untuk memenangkan game tersebut pemain harus dapat membentuk nilai X atau O berbentuk vertikal, horizontal atau diagonal pada kolom tersebut. Letak AI dalam game ini adalah kesulitan yang diberikan kepada pemain pertama, yaitu kita, dalam arti useruntuk memenangkan game ini oleh komputer yang berperan sebagai pemain kedua, dimana pemain kedua ini diciptakan sebagai AI. Dengan adanya AI pada game maka kita dapat bermain game tersebut walaupun kita sedang tidak bermain dengan teman-teman kita. Sebagai contoh kita dapat bermain Counter Strike dimana yang menjadi musuh kita merupakan Bot (komputer) yang memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Dia dapat menemukan pemain lalu menyerangnya. Dengan semakin cerdasnya musuh (komputer) maka pembuatan AI mungkin akan semakin sulit. Selain itu game-game lain seperti The Sims, dimana pemain (user) dapat berinteraksi dengan objek lain yang disediakan dalam permainan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar